Pages

Senin, 19 Desember 2011

12 Hal dalam mendesain kantor dirumah



BISNIS DI RUMAH
home-office-furniture_







Bisnis rintisan dan bisnis berlevel kecil umumnya memakai rumah sebagai lokasi berbisnisnya. Menciptakan situasi kantor yang nyaman di rumah bukan perkara mudah. Di dalam ruang yang disebut kantor itu, pelaku usaha wajib fokus bekerja mencari pendapatan tanpa harus terganggu oleh urusan-urusan rumah tangga. Bagi Anda yang baru mau merintis bisnis rumahan dan berminat mendesain sebuah ruang khusus untuk dijadikan kantor, perhatikan beberapa hal yang dilansir dari laman eHow ini.

1.  Teknologi.
Pastikan Anda mempunyai perangkat teknologi yang mendukung kelangsungan bisnis. Internet dengan koneksi tinggi wajib dimiliki terutama bagi Anda yang mengelola bisnis online. Fasilitas internet wireless memberi keuntungan terhadap ruang kerja yang tak terlampau besar sebab bisa menghasilkan kesan rapi tanpa harus dihiasi dengan untaian kabel. 

2. Kursi.
 Agar terasa nyaman bekerja sepanjang hari atau berjam-jam lamanya, Anda membutuhkan kursi yang tak hanya sekedar memberi kenyamanan bagi punggung namun juga kesehatan. Hindari memakai kursi makan dan kursi tanpa sandaran.

 

3.  Laptop atau kompter PC.
Keputusan untuk menggunakan laptop atau komputer PC berada di tangan Anda sepenuhnya. Baik laptop maupun komputer PC mempunyai keunggulan serta kelemahannya masing-masing. Laptop, praktis dan bisa dibawa kemana-mana tapi harganya mahal. Sedangkan kompter PC cenderung berharga murah namun tak portable. Titik keunggulan laptop adalah pekerjaan Anda bisa diselesaikan di manapun.

4.  Telepon, fax, scanner, printer.
 Apapun bentuk serta bidang bisnis yang Anda geluti, perangkat elektronik pendukung seperti telepon, fax, scanner dan printer wajib ada. Walau perjanjian bisnis atau dokumen penting lainnya bisa dikirim melalui surat elektornik tapi ada mesin fax harus tetap ada di kantor Anda. Perusahaan besarpun tetap membutuhkan kehadiran mesin fax, begitu pula dengan bisnis yang Anda lakoni.

5.  Meja.
Seperti halnya kursi, meja merupakan elemen penting dari sebuah kantor dan disarankan Anda memiliki meja yang cukup besar untuk mengakomodasi beragam dokumen dan kertas-kertas berharga lainnya agar tetap terlihat rapi serta terorganisir.

6.  Alat tulis kantor.
Jangan lupa untuk menyediakan ATK atau alat tulis kantor yang selain peralatan menulis juga terdapat staples, paper clip, gunting, lem, cutter dan lainnya.

7.  Membuat aturan kerja.
 Bekerja di rumah menyimpan keuntungan tersendiri tapi terkadang kehidupan personal bisa mengganggu kinerja. Untuk membedakannya, buatlah auran kerja yang harus dijalani se-profesional mungkin selayaknya bekerja di perusahaan besar seperti misalnya bangun pagi, menyiapkan diri dan “berangkat” kerja. Jika ruang kantor di rumah mempunyai pintu, pasanglah tanda “sedang tak ingin diganggu” selama beberapa jam.

8.  Tipe pendiam.
Jika Anda adalah sosok pendiam yang menyukai situasi tenang dan bebas suara gaduh, pasanglah headphone bila tiba-tiba anak Anda menciptakan kegaduhan saat sedang bermain di ruang sebelah atau bila tetangga sedang merenovasi rumah dan kondisi lain yang dapat mengganggu konsentrasi Anda.

9.  Tempat penyimpan yang memadai.
 Laci, rak, lemari cabinet atau tempat penyimpanan lain juga wajib ada di ruangan kantor Anda agar tercipta suasana yang rapi, nyaman serta teroganisir.

10.  Mempercantik perabot kantor.
 Bila Anda memiliki budget lebih dalam mendesain kantor, tak ada salahnya untuk membeli perabotan yang terlihat eksklusif. Tapi eksklusif di sini tak melulu harus mahal, Anda bisa mendapat aneka macam perabot berharga murah dari vendor yang menawarkan diskon, cuci gudang atau promosi lainya, baik online maupun offline.

11.  Menentukan ruang.
 Kantor Anda walau berada di rumah tetaplah kantor yaitu ruang pribadi Anda. Karenanya, pilihlah sebuah ruang khusus agar Anda bisa bekerja dengan leluasa. Bila rumah Anda tak terlalu besar, ciptakan ruang buatan semisal di pojok ruang keluarga. Pisahkan dengan tembok dan pintu agar Anda memiliki privasi dalam bekerja.

12. Inspiratif.
 Manfaatkan cahaya natural yang berasal dari sinar matahari dan beri sedikit sentuhan inspiratif dengan menambahkan hiasan-hiasan dinding inspiratif seperti foto sosok entrepreneur yang Anda kagumi atau pigura kata-kata motivasional yang dari tokoh ternama.

Apapun yang Anda lakukan dalam mendesain kantor di rumah lakukanlah dengan cara semenyenangkan mungkin agar bisa memberi efek nyaman untuk bekerja. Selamat mencoba.
ciputraentrepreneurship.com Kata kunci: sejahtera

0 komentar:

Posting Komentar