Pages

Senin, 19 Desember 2011

MARKETING & SALES : Smart Promotion



Produsen sebuah produk baik barang atau jasa, membutuhkan strategi promosi yang tepat untuk mengenalkan produknya kepada konsumen. Strategi promosi produk sangat dibutuhkan karena tanpa adanya kegiatan promosi, sebuah produk tidak akan dikenal masyarakat. Makanya para pengusaha saling berlomba menggunakan berbagai strategi untuk mempromosikan produk mereka, guna memperoleh perhatian dari masyarakat.

Kegiatan promosi produk, tidak selamanya membutuhkan biaya yang cukup besar. Bagi kita yang memiliki dana terbatas sekalipun, kegiatan promosi produk juga dapat dilakukan. Yang terpenting adalah kreatifitas kita untuk menyusun strategi promosi dengan meminimalisir dana. Namun tetap perlu diingat, promosi dengan dana yang optimal, tentu akan menghasilkan respon pasar yang lebih optimal. Berikut 18 cara promosi yang cerdas, yaitu:


1. Menyusun Daftar Rencana Promosi
Susunlah rencana promosi untuk menarik konsumen, mulai dari tujuan promosi, target pasar, nilai lebih produk yang akan ditawarkan, besaran anggaran dana yang digunakan, serta buatlah daftar kegiatan promosi untuk mengenalkan produk kita kepada konsumen.

2. Tentukan Konsep Promosi Sebelum Memulai Usaha
Cari tahu mengenai besarnya minat konsumen untuk menggunakan atau membeli produk kita. Selanjutnya tentukan konsep promosi yang diinginkan, bila perlu tambahkan logo atau slogan khusus pada produk agar konsumen ingat dengan produk maupun bisnis kita.

3. Pilih Sasaran Pasar yang Tepat
Jika anggaran terbatas, sebaiknya fokuskan target pasar produk kita kepada suatu komunitas atau kelompok tertentu yang memiliki kebutuhan sesuai dengan produk kita. Bila produk kita sudah tersebar dan dikenal masyarakat, kita dapat memperluas sasaran pasar.

4. Fokus Terhadap Konsumen
Bantu konsumen untuk menyelesaikan masalah mereka, jadi yakinkan konsumen dengan memberikan informasi bagaimana produk kita bermanfaat untuk mereka.

5. Penuhi Permintaan Konsumen
Konsumen merupakan orang yang paling tahu kebutuhan apa yang mereka inginkan, oleh karena itu dengarkan permintaan mereka dan penuhi dengan menciptakan produk yang diinginkan konsumen. Agar produk yang kita ciptakan sesuai dengan permintaan konsumen saat ini.

6. Berikan Informasi Gratis
Berikan informasi gratis yang berhubungan dengan produk kita, misalnya dengan memberikan brosur, surat, atau menyajikan website yang memberikan informasi gratis dengan berita up to date, bila perlu kirimkan sms untuk menginformasikan promosi terbaru dari produk kita.

7. Gunakan Online Marketing
Promosi bisa dilakukan dengan mengirimkan email kepada para konsumen sebagai bentuk  berkomunikasi. Bisa juga dengan membuat grup melalui facebook atau twitter, sehingga konsumen mengetahui informasi produk kita melalui internet, yang dapat menjangkau konsumen lokal maupun internasional.
8. Manfaatkan Relasi Media
Usahakan agar bisnis kita dimuat di media massa atau elektronik, sehingga informasi bisnis tersebut dapat tersebar luas dengan gratis. Terutama bagi usaha kecil menengah, banyak media yang ingin meliputnya. Perluas jaringan kita dengan mencari relasi media yang bisa diajak kerjasama untuk mempromosikan bisnis kita.
9. Masuklah Dalam Komunitas
Media komunitas menjadi pilihan tepat bagi usaha kecil dan menengah yang memiliki dana terbatas, untuk mempromosikan produknya. Jika kita menjual pada komunitas yang sering kita ikuti, maka tidak diperlukan lagi biaya iklan.

10. Memasang Papan Iklan
Papan iklan di lokasi strategis, merupakan alat promosi yang bagus karena mudah dilihat dan dibaca orang yang melewati lokasi tersebut.

11. Lakukan Hal Kecil yang Berdampak Besar
Hal kecil seperti memberi senyuman, salam, kamar mandi yang bersih, mengangkat telepon pada dering ketiga, kartu nama yang menarik, serta kebersihan lokasi usaha kita ternyata mempengaruhi image konsumen terhadap bisnis dan produk yang kita tawarkan.

12. Berikan Hadiah untuk Konsumen
Tidak perlu hadiah mahal, hadiah seperti pengiriman gratis atau softdrink gratis. Memberi hadiah seperti itu ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen yang menggunakan produk kita. Sehingga mereka tidak segan untuk kembali menggunakan produk kita.

13. Gunakan Strategi Word of Mouth
Promosi paling efektif adalah pemasaran melalui mulut ke mulut. Dengan memberikan informasi yang mengena pada konsumen, mereka akan meneruskan informasi tersebut kepada orang lain. Sehingga informasi produk Kita tersebar di kalangan masyarakat.

14. Hindari Meniru Produk Ternama
Hindari penggunaan strategi promosi yang sudah sering digunakan untuk produk lainnya. Usahakan cari strategi yang belum pernah digunakan dan memicu rasa penasaran konsumen untuk membeli produk tersebut.

15. Jangan Menganggap Pesaing sebagai Musuh
Selain memberikan dampak negatif, bersaing dengan competitor hanya akan menghabiskan banyak biaya dan hanya akan menjadi persaingan harga. Sehingga konsumen akan berpindah ke produk lain yang harganya stabil.

16. Promosi Silang (Cross-promote)
Masukkan promosi produk terbaru kita yang siap dilaunching, pada setiap kegiatan promosi yang kita lakukan. Sehingga dalam satu kali kegiatan promosi, bisa menginformasikan produk yang kita miliki semaksimal mungkin.

17. Iklan Alternatif Akhir
Iklan bukan strategi pokok dalam pemasaran, karena biasanya memakan banyak biaya. Bila dana terbatas, usahakan untuk memilih tempat iklan yang tepat pada sasaran kita. Agar biaya yang dikeluarkan tidak terbuang sia-sia.

18. Menunggu Hasil
Yang terakhir sabar menunggu hasil, karena penjualan merupakan kegiatan yang berkelanjutan. Jadi tidak bisa langsung memberikan hasil saat promosi berlangsung, hasilnya baru terlihat setelah promosi selesai. Beri waktu bagi konsumen untuk menilai produk kita, dan biarkan waktu yang bekerja untuk menjualkan produk kita.

   Dapatkan artikel MARKETING & SALES lainnya di Portal Wirausaha Indonesia, silakan klik http://jpmi.or.id

0 komentar:

Posting Komentar